Mentan Ingin Pulau Madura Jadi Contoh Daerah Penghasil Produktivitas Padi di Indonesia

- 14 Mei 2024, 17:37 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam kunjungan kerja di Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam kunjungan kerja di Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura /Karawangpost/Foto/Humas-Kementan

KARAWANGPOST - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyampaikan Pulau Madura untuk mengulangi kejayaan Indonesia dalam mewujudkan swasembada.

Oleh sebab itu, Mentan Amran mendorong empat Kabupaten di Pulau Madura, yaitu Bangkalan, Pamekasan, Sumenep dan Sampang kembali menghasilkan produktivitas tinggi.

Menurut Mentan, kejayaan itu pernah dilakukan pada tahun 2017, 2019 dan juga tahun 2020. Mentan pun ingin, nantinya Pulau Madura menjadi contoh bagi daerah lain yang bisa menghasilkan produktivitas tinggi di Indonesia.

Baca Juga: Kinerja Industri Perbankan Indonesia Tetap Resilien dan Stabil ditengah Volatilitas Pasar Keuangan Global

Baca Juga: Mentan Amran Sebut Sulbar akan Mensuplai Kebutuhan Pangan di IKN

Salah satunya melalui pemanfaatan irigasi dan perpompaan atau (Irpom) maupun pemasangan pompanisasi pada sungai-sungai basah yang tidak pernah kering.

"Mimpi kita ke depan adalah mewujudkan Indonesia lumbung pangan dunia. Ingat, dulu kita pernah swasembada tiga kali berturut-turut dan yang melakukan akselerasi adalah kita semua, bukan Menteri Pertanian saja tetapi Bapak Ibu sekalian, di mana saat itu ada cuaca ekstrim dan juga krisis pangan global," ujar Mentan saat meninjau jalannya pertanaman di Kelurahan Bancaran, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Selasa 14 Mei 2024.

Khusus di Bangkalan, kata Mentan, optimalisasi di sana bisa mencapai 4.468 hektare melalui program perluasan areal tanam (PAT) dan juga pemasangan pompanisasi.

Dia mengatakan, pompa adalah solusi cepat yang bisa meningkatkan indeks pertanaman menjadi 3 kali dari yang hanya satu kali.

Halaman:

Editor: M Haidar

Sumber: Kementan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah