Jaga Stabilitas Pangan Jelang Idul Adha, Bapanas Intensifkan Pemantauan Harga Pangan di Seluruh Daerah

- 16 Mei 2024, 13:33 WIB
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan telah menetapkan kebijakan relaksasi harga acuan pemerintah (HAP) gula menjadi Rp17.500 per kilogram (kg) hingga 31 Mei 2024.
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan telah menetapkan kebijakan relaksasi harga acuan pemerintah (HAP) gula menjadi Rp17.500 per kilogram (kg) hingga 31 Mei 2024. /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/ANTARA

KARAWANGPOST - Jaga stabilitas pangan menjelang Hari Raya Iduladhha 2024 Badan Pangan Nasional (Bapanas) akan mengintervensi beberapa program salah satunya mengintensifkan pemantauan harga pangan seluruh daerah di Indonesia.

Pemerintah sendiri terus memastikan stabilitas harga pangan terjaga dan pasokannya terdistribusi secara merata ke seluruh wilayah. 

Dalam keterangannya seusai mendampingi kunjungan kerja Presiden di Sulawesi Utara (Sultra), Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi memastikan pihaknya akan terus melakukan pemantauan situasi harga pangan di seluruh daerah dan juga menggencarkan program Gerakan Pangan Murah (GPM) di seluruh daerah, serta mengoptimalkan Fasilitas Distribusi Pangan (FDP) dari daerah surplus ke daerah defisit. 

Baca Juga: Mentan Ingin Pulau Madura Jadi Contoh Daerah Penghasil Produktivitas Padi di Indonesia

Baca Juga: Kinerja Industri Perbankan Indonesia Tetap Resilien dan Stabil ditengah Volatilitas Pasar Keuangan Global

“Kita harapkan bersama bahwa pada momen Iduladha akan terus kita tingkatkan pemantauan harga di seluruh daerah. Begitu juga dengan berbagai langkah intervensi program seperti GPM itu kita intensifkan untuk mengantisipasi kenaikan permintaan di hari raya,” ujar Arief dalam keterangannya di Jakarta pada Rabu 15 Mei 2024.

Arief menyatakan bahwa pemantauan harga dan berbagai intervensi stabilisasi pangan terus disinergikan dengan kementerian/lembaga dan seluruh pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota. 

“Ini penting dilakukan, bahwa Bapanas bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gubernur, Bupati, dan Walikota seluruh Indonesia, tentu bersama Kementerian dan Lembaga terkait terus bersinergi untuk menjaga dan mengendalikan inflasi. Setiap minggu kita pantau bersama dan kami mendorong kerja sama antardaerah terus terbangun untuk memastikan distribusi pangan merata dan terjangkau," ujar Arief.

Masyarakat pun diminta tidak perlu khawatir terkait stok pangan, khususnya pangan pokok strategis. Per 14 Mei 2024, stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang ada di Bulog dalam kondisi yang aman dan cukup mencapai 1,8 juta ton. 

Halaman:

Editor: M Haidar

Sumber: Bapanas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah