Tim Ketahanan Pangan Mabes TNI AD Tinjau Program Pompanisasi di Karawang

- 21 Mei 2024, 17:49 WIB
Tim Ketahanan Pangan Mabes TNI AD lakukan peninjauan program pompanisasi di Karawang
Tim Ketahanan Pangan Mabes TNI AD lakukan peninjauan program pompanisasi di Karawang /Karawangpost/

KARAWANGPOST - Karawang, Kodim 0604/Karawang, Korem 063/Sunan Gunung Jati, Kodam III/Siliwangi mendapat kunjungan kerja dari Tim Ketahanan Pangan Mabes Angkatan Darat. Selasa 21 Mei 2024.

Kunker tersebut dalam rangka Peninjauan Pompanisasi Lahan Pertanian Sawah di dusun Parung Kadali RT/RW 028/006, Desa Karanganyar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang.

Staf Khusus KASAD/ Tim Ketahanan Pangan Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani kepada awak media mengatakan, program ini diinisiasi oleh Menteri Pertanian yang mana diketahui bersama bahwa kementerian pertanian bekerja sama dengan TNI khususnya Angkatan Darat untuk mensukseskan program Ketahanan Pangan Nasional.

Baca Juga: Kediaman Hingga Kantor Sekda Karawang digeledah Kejati Jabar

Baca Juga: Kejati didampingi Polda Jabar Geledah Kantor Dinas PUPR Karawang

"Hari ini kami dari pusat langsung mengecek sejauh mana fungsi maupun hasil daripada pompanisasi tersebut, Alhamdulillah kita saksikan bersama tadi pompanya sudah bisa operasional dan memang sesuai dengan program dari kementerian pertanian satu poktan untuk sementara satu pompa yang diberikan bantuannya," kata Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani.

Program pompanisasi ini dengan tujuan untuk meningkatkan indeks tanam dari indeks tanam yang setahun dua kali menjadi tiga kali, yang satu kali tanam bisa menjadi dua kali bahkan yang tiga kali tanam bisa empat kali tanam.

Sambungnya, diketahui bersama kemungkinan besar pada bulan 6 sampai 9 nanti akan terjadi musim panas, maka untuk mengantisipasi musim panas tersebut kementerian pertanian membantu masyarakat dengan adanya program pompanisasi.

"Ini sinergitas antara TNI-Polri dengan pemerintah daerah maupun dengan para petani khususnya kita mendorong seluruh petani yang ada di wilayah untuk maksimal dan semangat untuk melaksanakan program ketahanan pangan di masing-masing wilayah khusunya yang ada di wilayah Kabupaten Karawang ini, karena kita ketahui bersama Karawang adalah lumbung pangannya Jawa Barat dan bahkan Nasional, besar harapan kami ini akan lebih besar lagi dengan adanya pompanisasi," terangnya.

Halaman:

Editor: M Haidar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah