Banjir Lombok Barat Berpotensi Longsor, Masyarakat diungsikan Sementara

- 14 Januari 2022, 23:10 WIB
Kondisi jalan yang amblas akibat lapisan tanah tergerus arus banjir di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Kondisi jalan yang amblas akibat lapisan tanah tergerus arus banjir di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. /BPBD Kabupaten Lombok Barat

KARAWANGPOST – Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang mengguyur Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Selasa 11 Januari 2022 pukul 23.30 waktu setempat menyebabkan banjir.

Banjir juga berpotensi tanah longsor, sehingga mengakibatkan 65 KK warga Desa Sengigi, Kecamatan Batu Layar, terdampak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Barat juga melaporkan saat hujan lebat terjadi sebanyak 5 KK mengungsi sementara waktu. Mereka menghindari potensi longsoran di sekitar rumah. BPBD setempat membantu warga yang melakukan evakuasi sementara.

Baca Juga: WHO: varian Omicron lebih kecil menyebakan penyakit parah dibandingkan varian Delta

Merespons kejadian ini, pihak BPBD yang dibantu TNI, Polri, Basarnas, dinas pekerjaan umum dan penataan ruang, PMI dan Tagana bersiap siaga di lokasi terdampak untuk membantu para warga. Mereka yang terdampak dan mengungsi mendapatkan bantuan sembako dari pihak BPBD

BPBD Kabupaten Lombok Barat melaporkan tidak ada korban jiwa atau pun luka-luka akibat peristiwa ini. Sedangkan kerugian material, tercatat ruas jalan pada 7 titik dengan total panjang 200 meter. 

Berdasarkan prakiraan cuaca, masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan. Namun secara umum Provinsi Nusa Tenggara Barat berpeluang hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. 

Baca Juga: Destinasi Wisata Alam Curug Muara Jaya Majalengka, Menikmati Indahnya Alam Lembah Gunung Ceremai

Kecamatan Batu Layar termasuk salah satu dari 10 kecamatan di Kabupaten Lombok Barat yang berpotensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. 

Halaman:

Editor: Zein Khafh

Sumber: Banjir


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X