Kerap Timbulkan Kecelakaan, Korlantas Polri Sebut Ada Terdapat 700 Blackspot di Indonesia

- 15 Mei 2024, 22:05 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Aan Suhanan turun langsung ke lokasi kecelakaan bus yang membawa rombongan siswa SMK Lingga Kencana asal Depok yang terguling di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Aan Suhanan turun langsung ke lokasi kecelakaan bus yang membawa rombongan siswa SMK Lingga Kencana asal Depok yang terguling di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang /Dok. Humas Polri/

KARAWANGPOST - Kerap menimbulkan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas Korlantas Polri mengakui banyaknya titik blackspot yang ada di Indonesia

“Tentu kita dari data yang ada 700 lebih ya blackspot yang ada di Indonesia,” ungkap Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Aan Suhanan, Rabu 15 Mei 2024.

Menurut Kakorlantas, data tersebut akan dijadikan panduan untuk penanganan blackspot. Namun, tidak dirinci di daerah mana paling banyak blackspot itu.
Penanganannya pun harus dilakukan bersama Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Dewan Pers Tegas Tolak Draf RUU Penyiaran

Baca Juga: Fraksi PDIP Usulkan Money Politics Dilegalkan

“Mulai dari Perhubungan, rambu rambunya, penerangan dari kita juga untuk patrolinya itu semua diarahkan ke situ dari data dan blackspot tersebut,” ujarnya.

Blackspot sendiri adalah daerah rawan kecelakaan sepanjang 500 meter. Area itu biasanya memiliki Angka Ekuivalensi Kecelakaan (AEK) lebih dari 30 kejadian yang dihitung berdasarkan data kecelakaan selama 2 tahun.

Blackspot harus dilengkapi dengan pemasangan rambu dan lampu yang mumpuni guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selain itu, patroli di titik black spot harus rutin dilakukan.

Peristiwa kecelakan bus rombongan pelajar SMK Lingga Kencana Depok kecelakaan di Ciater, Subang telah mebewaskan 11 orang terjadi pada Sabtu, 11 Mei 2024.

Halaman:

Editor: M Haidar

Sumber: Polri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah