Jenis Penyakit yang Biasa Menyerang Tanaman Bawang Putih

- 8 Januari 2024, 19:30 WIB
Tanaman Bawang
Tanaman Bawang /Karawangpost/Foto/IG-Rifki_Jihadi

 

KARAWANGPOST – Penanaman hingga pertumbuhan tanaman bawang putih mulai dari benih, pembibitan, dan juga pemanenan. Tentunya tidak terlepas dari serangan hama hingga penyakit.

Tanaman bawang yang terserang penyakit tentunya akan mengancam tanaman itu hingga menyebabkan gagal panen. Oleh sebab itu, waspadai berbagai jenis penyakit tanaman bawang putih. Adapun ini jenis-jenis penyakit yang kerap menyerang tanaman bawang putih.

Baca Juga: Selain Sebagai Tanaman Hias, Sirih Merah Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

Busuk Umbi

Jenis penyakit ini biasanya menyerang bagian umbi bawang, adapun gejalanya bisa menyebabkan umbi tersebut menjadi busuk. Penyebab penyakit ini biasanya bagian umbi tersebut ada bakteri jahat yang menggerogoti bagian umbi, sehingga umbi tersebut menjadi busuk. Selain itu, penyebab penyakit ini juga tidak bersihnya lingkungan atau media tanam bawang.

Bercak Daun

Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang menyerang bagian daun pada tanaman bawang putih. Biasanya penyakit ini kerap menyerang tanaman bawang putih dengan gejala timbulnya bercak-bercak daun warna kuning. Adapun dampak negatif penyakit ini dapat menurunkan produktivitas tanaman bawang. Terlebih lagi, penyakit ini bisa menyebabkan tanaman tersebut gagal panen.

Baca Juga: Tips Menghindari Gigi Berlubang

Embun Tepung

Halaman:

Editor: Mustapid

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah