Rahasia Sukses: Cara Menyimpan Ikan di Freezer Agar Tetap Segar dan Tidak Berbau

- 14 Mei 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi lemari pendingin atau freezer - Seorang ayah di Ciledug, Kota Tangerang, menyimpan jasad bayinya di freezer kulkas, dan hingga saat ini tak ada unsur pidana.
Ilustrasi lemari pendingin atau freezer - Seorang ayah di Ciledug, Kota Tangerang, menyimpan jasad bayinya di freezer kulkas, dan hingga saat ini tak ada unsur pidana. /Pexels.com/Max Vakhtbovych

KARAWANGPOST - Mempersiapkan dan menyimpan ikan dengan benar di freezer adalah kunci untuk mempertahankan kesegaran dan menghindari bau yang tidak sedap. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menjaga ikan tetap segar dan bebas dari bau yang mengganggu:

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Ikan Bakar Rica-Rica

  • Pilih Ikan yang Segar: Pastikan untuk memilih ikan yang segar dari sumber tepercaya. Ikan segar cenderung memiliki warna yang cerah, mata yang jernih, dan bau laut yang segar.
  • Membersihkan dengan Teliti: Sebelum menyimpan, bersihkan ikan dengan teliti. Buang sisik, insang, dan isi perut dengan hati-hati. Bilas ikan dengan air dingin untuk menghilangkan kotoran dan lendir.
  • Keringkan dengan Lembut: Setelah dibersihkan, keringkan ikan dengan lembut menggunakan tisu dapur atau kain bersih. Pastikan tidak ada air yang tersisa di permukaannya.
  • Gunakan Kemasan yang Sesuai: Tempatkan ikan dalam kantong atau wadah yang tahan air dan sesuai dengan ukurannya. Pastikan kemasan tersebut rapat dan tidak ada udara yang masuk.
  • Tambahkan Penyerap Bau: Letakkan penyerap bau seperti baking soda atau kertas koran di sekitar ikan sebelum memasukkannya ke freezer. Ini membantu mengurangi risiko bau yang tidak diinginkan.
  • Atur Suhu Freezer: Pastikan suhu freezer Anda cukup rendah, idealnya di bawah 0 derajat Celsius. Suhu yang rendah membantu mempertahankan kesegaran ikan lebih lama.
  • Jangan Menyimpan Terlalu Lama: Meskipun ikan bisa disimpan di freezer untuk jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya gunakan ikan dalam waktu yang relatif singkat untuk mempertahankan kualitasnya.
  • Penandaan yang Jelas: Selalu beri label pada kemasan ikan dengan tanggal penyimpanan. Ini membantu Anda mengingat kapan ikan tersebut dimasukkan ke dalam freezer dan kapan sebaiknya digunakan.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Es Kuwut

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menjaga kesegaran ikan di freezer Anda dan menikmati hidangan yang lezat tanpa bau yang tidak sedap. Selamat mencoba!***

Editor: Hani Tania

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah