Simak! Cara Atasi Gangguan Insomnia

- 15 Mei 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi-kecemasan dan susah tidur
Ilustrasi-kecemasan dan susah tidur /Karawangpost/Foto/Pexels-cottonbro studio

KARAWANGPOST - Saat ini tidak sedikit orang yang mengalami susah tidur atau insomnia. Gangguan ini merupakan salah satu masalah kesehatan yang tak boleh disepelekan, karena dalam jangka panjang, dapat meningkatkan risiko serius.

Jika tidak segera diatasi, gangguan insomnia bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, kejang, serangan asma dan penyakit jantung.

Karena itu, jika merasa mulai mengalami insomnia, ada baiknya Anda melakukan pencegahan. Berikut sejumlah cara yang dapat membantu Anda dalam mengatasi insomnia, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Kue Carabikang

Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam, dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Usahakan untuk tidak tidur siang di siang hari, karena bisa membuat Anda kurang mengantuk di malam hari.

Jangan gunakan ponsel atau e-book sebelum tidur. Cahaya mereka bisa membuat Anda lebih sulit tidur.

Hindari kafein, nikotin, dan alkohol di siang hari. Kafein dan nikotin adalah stimulan dan dapat membuat Anda tidak tertidur. Alkohol dapat membuat Anda terbangun di tengah malam dan merusak kualitas tidur Anda.

Berolahragalah secara teratur. Usahakan untuk tidak berolahraga menjelang waktu tidur, karena dapat membuat Anda sulit tidur. Para ahli menyarankan untuk berolahraga setidaknya 3 hingga 4 jam sebelum tidur.

Jangan makan makanan berat di sore hari. Tetapi camilan ringan sebelum tidur dapat membantu Anda tidur.

Halaman:

Editor: Hani Tania

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah