Manfaat Habiskan Waktu di Alam Bagi Kesehatan

- 15 Mei 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi-memulai olahraga dengan lari
Ilustrasi-memulai olahraga dengan lari /Karawangpost/Foto/Pixabay- StockSnap

KARAWANGPOST - Belakangan ini tidak sedikit orang malas beraktivitas di luar dan lebih banyak berada di dalam ruangan. Padahal, alam terbuka telah lama dipercaya sebagai penyembuh utama gangguan kesehatan.

Menghirup udara segar dalam-dalam di luar ruangan terasa menyegarkan untuk pikiran. Oksigen memenuhi paru-paru, sinar matahari menerpa wajah, dan tubuh Anda menjadi rileks.

Menghabiskan waktu di alam, secara umum adalah kesempatan yang berharga untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan mental, emosional, dan fisik.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Gulai Bebek

Hal ini karena menghabiskan waktu di alam dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kreativitas, dan fokus, serta mengajari untuk lebih menghargai kehidupan.

Seperti dilansir dari berbagai sumber berikut manfaat menghabiskan waktu di alam yang bisa memberikan manfaat kesehatan, tidak hanya untuk tubuh tetapi juga kesehatan mental:

Mendukung Kesehatan Fisik

Jika Anda kesulitan untuk tetap menjalankan rutinitas olahraga, memindahkan olahraga Anda ke luar ruangan dapat meningkatkan motivasi berolahraga.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health menemukan orang yang menghabiskan waktu di alam atau ruang terbuka lebih mungkin untuk melakukan aktivitas fisik dan memiliki tingkat yang lebih tinggi untuk menjaga berat badan.

Halaman:

Editor: Hani Tania

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah