Strategi Efektif untuk Mengatasi Anak yang Susah Makan: Tips dari Ahli Gizi

- 21 Mei 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi - Anak makan.
Ilustrasi - Anak makan. /FOTO: ANTARA/Pexels/Jep Gambardella.

KARAWANGPOST - Mengatasi anak yang susah makan adalah tantangan yang sering dihadapi oleh banyak orang tua. Anak yang enggan makan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka. Namun, dengan pendekatan yang tepat, masalah ini bisa diatasi. Berikut adalah beberapa strategi efektif dari ahli gizi untuk membantu anak yang susah makan.

Membuat Jadwal Makan yang Teratur

Ahli gizi merekomendasikan agar orang tua membuat jadwal makan yang teratur untuk anak-anak. Memberikan makanan pada waktu yang sama setiap hari membantu membentuk pola makan yang sehat dan membuat anak merasa lebih aman dan nyaman dengan rutinitas mereka.

Menyajikan Porsi Kecil

Menyajikan porsi kecil dapat mencegah anak merasa kewalahan dengan jumlah makanan yang ada di depan mereka. Jika anak menghabiskan porsinya, Anda dapat menambahkan sedikit lagi. Ini membantu membangun kepercayaan diri mereka dalam mengonsumsi makanan.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Soto Daging Sapi

Membuat Makanan Menjadi Menarik

Menggunakan kreativitas dalam menyajikan makanan bisa menjadi cara efektif untuk menarik minat anak. Bentuk makanan menjadi karakter kartun favorit mereka atau buat warna-warni yang menarik dengan menggunakan berbagai jenis sayuran.

Mengajak Anak Berpartisipasi

Halaman:

Editor: Hani Tania

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah