Mengatasi Anak yang Susah Makan: Cara Kreatif agar Anak Mau Makan

- 21 Mei 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi sebuah keluarga muslim sedang memasak.
Ilustrasi sebuah keluarga muslim sedang memasak. /Freepik.com

KARAWANGPOST - Anak yang susah makan seringkali menjadi tantangan besar bagi banyak orang tua. Menjaga agar anak mendapatkan nutrisi yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Berikut adalah tujuh cara kreatif yang bisa Anda coba untuk mengatasi anak yang susah makan.

Membuat Makanan Menjadi Menarik

Anak-anak sangat dipengaruhi oleh penampilan makanan mereka. Cobalah menyajikan makanan dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Misalnya, bentuk makanan menjadi karakter kartun favorit mereka atau buatlah wajah lucu menggunakan sayuran dan buah-buahan. Warna-warna cerah dan bentuk-bentuk yang menarik dapat membuat anak lebih tertarik untuk mencoba makanan tersebut.

Mengajak Anak Berpartisipasi dalam Memasak

Melibatkan anak dalam proses memasak dapat meningkatkan minat mereka terhadap makanan. Ajak mereka membantu menyiapkan makanan, seperti mencuci sayuran, mengaduk adonan, atau menyusun makanan di piring. Anak-anak cenderung lebih mau mencoba makanan yang mereka bantu siapkan karena merasa bangga dengan hasil kerja mereka sendiri.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Soto Daging Sapi

Menciptakan Cerita atau Petualangan Makanan

Gunakan imajinasi Anda untuk menciptakan cerita atau petualangan seputar makanan. Misalnya, buat cerita tentang sayuran sebagai pahlawan yang memberikan kekuatan super atau buah-buahan sebagai bagian dari misi penyelamatan. Dengan menjadikan makan sebagai bagian dari cerita seru, anak-anak akan lebih antusias untuk makan.

Menggunakan Peralatan Makan yang Menarik

Halaman:

Editor: Hani Tania

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah