Panduan Orang Tua: Cara Mengatasi Anak yang Pilih-pilih Makanan

- 21 Mei 2024, 17:00 WIB
Cerita liburan sekolah di rumah saja, memasak dengan Ibu
Cerita liburan sekolah di rumah saja, memasak dengan Ibu /Pixel @arina-krasnikova/

KARAWANGPOST - Anak yang pilih-pilih makanan bisa menjadi tantangan besar bagi orang tua. Memastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup adalah kunci untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Berikut adalah panduan praktis untuk orang tua dalam mengatasi anak yang pilih-pilih makanan.

Menyajikan Porsi Kecil

Anak sering merasa kewalahan dengan porsi makanan yang terlalu besar. Cobalah menyajikan makanan dalam porsi kecil dan biarkan anak minta tambahan jika masih lapar. Ini dapat mengurangi tekanan dan membuat anak lebih nyaman mencoba makanan baru.

Menggabungkan Makanan Favorit dengan Makanan Baru

Cobalah menggabungkan makanan favorit anak dengan makanan baru yang ingin Anda perkenalkan. Misalnya, tambahkan sayuran baru dalam pasta kesukaannya atau sajikan buah baru bersama yogurt favoritnya. Ini dapat membantu anak lebih terbuka untuk mencoba makanan yang belum dikenal.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Soto Daging Sapi

Mengatur Waktu Makan yang Teratur

Membuat jadwal makan yang teratur dapat membantu anak membangun kebiasaan makan yang sehat. Pastikan ada waktu yang cukup antara waktu makan dan camilan sehingga anak merasa lapar saat waktu makan tiba. Hindari memberi camilan terlalu dekat dengan waktu makan utama.

Membuat Makanan Menjadi Menarik

Halaman:

Editor: Hani Tania

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah