Mengungkap Risiko Kesehatan dari Sering Mengonsumsi Buah Durian

- 22 Mei 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi buah durian, buah yang kurang direkomendasikan untuk penderita asam urat dan kolesterol
Ilustrasi buah durian, buah yang kurang direkomendasikan untuk penderita asam urat dan kolesterol //Pixabay/truthseeker08

KARAWANGPOST - Durian, buah tropis yang dikenal dengan aroma kuat dan rasa manis yang khas, menjadi favorit banyak orang. Namun, meski memiliki sejumlah manfaat kesehatan, konsumsi durian yang berlebihan dapat membawa berbagai risiko kesehatan. Berikut adalah beberapa dampak negatif dari sering mengonsumsi buah durian:

Kandungan Kalori yang Tinggi

Durian memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Dalam 100 gram durian, terdapat sekitar 150-200 kalori. Mengonsumsi durian secara berlebihan dapat menyebabkan asupan kalori harian meningkat secara signifikan, yang dapat memicu kenaikan berat badan dan obesitas jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang memadai.

Tinggi Gula dan Lemak

Durian mengandung gula dan lemak yang tinggi. Meskipun lemak dalam durian sebagian besar adalah lemak sehat, konsumsi berlebihan tetap dapat meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol. Hal ini dapat menjadi masalah bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko mengalami penyakit jantung.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Sate Maranggi

Gangguan Pencernaan

Durian kaya akan serat, yang seharusnya baik untuk pencernaan. Namun, mengonsumsi dalam jumlah berlebihan bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung, gas, dan sembelit. Serat yang berlebihan dapat memperlambat proses pencernaan dan menyebabkan ketidaknyamanan pada perut.

Meningkatkan Risiko Hipertensi

Halaman:

Editor: Hani Tania

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah