Membangun Komunikasi yang Sehat: Cara Mendorong Anak untuk Terbuka kepada Orang Tua

- 27 Mei 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi-tangan ibu dan anak
Ilustrasi-tangan ibu dan anak /KarawangPost/Foto/pixabay-Endho

KARAWANGPOST - Komunikasi yang sehat antara anak dan orang tua adalah fondasi penting untuk membangun hubungan keluarga yang harmonis dan mendukung perkembangan emosional anak. Anak yang merasa nyaman berbicara dengan orang tua mereka cenderung lebih terbuka dan mampu menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik. Berikut ini beberapa cara untuk mendorong anak agar lebih terbuka kepada orang tua:

Ciptakan Lingkungan yang Aman dan Nyaman

Anak akan lebih mudah berbicara jika mereka merasa aman dan nyaman. Pastikan rumah Anda adalah tempat di mana anak merasa diterima tanpa takut akan kritik atau hukuman. Dengarkan mereka dengan penuh perhatian dan hindari reaksi yang berlebihan atau menyalahkan.

Jadilah Pendengar yang Baik

Ketika anak berbicara, berikan perhatian penuh kepada mereka. Hentikan aktivitas lain dan fokuslah pada percakapan. Tunjukkan bahwa Anda benar-benar mendengarkan dengan memberikan respons yang tepat, seperti anggukan atau kata-kata penguat. Hindari menginterupsi atau segera memberikan solusi kecuali diminta.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Gulai Cumi Isi Telur Puyuh

Ajukan Pertanyaan Terbuka

Gunakan pertanyaan terbuka yang mendorong anak untuk berbicara lebih banyak. Alih-alih bertanya "Bagaimana hari kamu di sekolah?", cobalah bertanya "Apa bagian terbaik dari hari kamu di sekolah?" atau "Ada cerita menarik apa yang terjadi hari ini?". Pertanyaan seperti ini membantu anak untuk berbagi lebih banyak detail.

Berikan Dukungan dan Empati

Halaman:

Editor: Hani Tania

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah