Gempa Hari Ini: 5 Juli 2022, Guncang Wilayah Pacitan Jawa Timur

- 5 Juli 2022, 22:29 WIB
Peta Lokasi Pacitan Jawa Timur
Peta Lokasi Pacitan Jawa Timur /karawangpost/google earth



KARAWANGPOST - Gempa bumi dapat terjadi di mana dan kapan saja, maka dari itu masyarakat dihimbau harus selalu siap dan waspada.

BMKG menyarankan masyarakat agar tidak mudah panik dan percaya dengan isu-isu gempa yang tidak benar seperti tsunami.

Masyarakat diminta memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Baca Juga: SPY x FAMILY: Seorang Seniman memasukkan Anya dalam Ilustrasi Erotis

Berikut informasi gempa hari ini berdasarkan data gempa yang dihimpun dari laman resmi BMKG, Selasa 5 Juli 2022.

Gempa Terjadi di Wilayah:

  • Gempa Mag:3.7, 05-Jul-22 20:51:46 WIB, Lok:10.20 LS,110.45 BT (236 km BaratDaya PACITAN-JATIM), Kedlmn:10 Km ::BMKG-PGR VII

Masyarakat bisa melakukan langkah antisipasi untuk menjaga keselamatan dengan cara melindungi badan dan kepala dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja dan lain-lain.

Cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

Baca Juga: Anime Classroom of the Elite Sesason 2 Rayakan Episode Pertsma dengan Ilustrasi

Jika berada di luar rumah hindari dari bangunan yang ada di sekitarnya seperti gedung, tiang listrik, pohon, dan lain-lain. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.

Jika sedang berada didalam kendaraan keluarlah turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran. Selanjutnya lakukan tindakan saat berada di luar ruangan.

Jika berada di pesisir pantai jauhilah pantai untuk menghindari adanya bahaya tsunami dan hindari daerah tanah yang labil yang memungkinkan terjadi longsoran saat berada di area pegunungan.

Demikianlah informasi gempa terkini, semoga bermanfaat selalu waspada dan berdoa kepada Tuhan YME agar dapat terlindungi dari kemungkinan bencana yang ada disekitar.***

Editor: M Haidar

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x