Diprediksi Mencapai 5,8 Juta Pemudik Akan Masuk Yogyakarta Pada Momen Lebaran 2023

- 19 Maret 2023, 23:12 WIB
Penyekatan Pemudik Tahun 2021 Pos Mudik Tanjungpura Karawang
Penyekatan Pemudik Tahun 2021 Pos Mudik Tanjungpura Karawang /Karawangpost

KARAWANGPOST - Sebanyak 5,8 juta pemudik diperkirakan akan memasuki wilayah DI Yoyakararta pada momen Lebaran 2023.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti, mengatakan, untuk DIY diperkirakan 5,8 juta pemudik. Mayoritas menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi.

Menurutnya, dari jutaan pemudik yang bakal memasuki DIY tersebut, yang menggunakan sepeda motor diperkirakan mencapai 20,3 persen atau 1,2 juta orang, sedangkan mobil pribadi 22,07 persen atau 1,3 juta orang.

Baca Juga: Menlu Ukraina Mengancam Negara yang Tidak Mendukungnya dalam Konflik Rusia

"Kalau yang lainnya kombinasi ada yang menggunakan bus, truk dan moda transportasi lainnya," jelasnya seperti dilansir Antaranews.com, Jumat 17 Maret 2023.

Ia menjelaskan, jumlah pemudik mengalami kenaikan jika dibandingkan momentum Lebaran 2022 sekitar 3,9 juta pemudik.

"Dulu mungkin masih terbayang-bayang dengan COVID-19. Kalau sekarang bukan bebas COVID-19 tetapi karena sudah ada banyak pelonggaran," tambahnya.

Baca Juga: Transisi BBM untuk Memenuhi Pasokan Energi Kendaraan Listrik

Lebih lanjut, Made Dwipanti mengatakan tidak hanya destinasi wisata menarik, banyaknya infrastruktur jalan yang mendukung akses transportasi juga menjadi faktor pemicu peningkatan jumlah pemudik ke DIY tahun ini.

Untuk mengantisipasi penekanan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini menggelar program mudik gratis menggunakan kereta api dan bus menuju DIY.

Dinas Perhubungan DIY bersama instansi terkait saat ini tengah melakukan evaluasi dan penyempurnaan terkait manajemen rekayasa lalu lintas menjelang Lebaran 2023.***

Editor: M Haidar

Sumber: Kemenhub


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x