Sumedang Laksanakan Proyek HDDAP Sejak Tahun 2024

- 18 Mei 2024, 22:54 WIB
Pengembangan tanaman cabai Sumedang
Pengembangan tanaman cabai Sumedang /Karawangpost/Foto/Kementan

KARAWANGPOST - Sumedang merupakan salah satu lokasi pengembangan proyek Horticulture Development in Dryland Areas Project (HDDAP).

HDDAP atau Proyek Pengembangan Hortikultura di Daerah Kering ini dikelola oleh Kementerian Pertanian berjalan mulai 2024 - 2028.

Kegiatan ini dibiayai oleh pinjaman Asian Development Bank (ADB) dan International Fund for Agricultural Development (IF Direktur Perlindungan Hortikultura, Jekvy Hendra sebagai Project Manager HDDAP menyampaikan bahwa tujuan kegiatan HDDAP yaitu mengembangkan komoditas hortikultura di lahan-lahan kering yang menyesuaikan agroklimat hortikultura.

Baca Juga: Pabrik Tembakau Sintetis di Tanggersng Digerebek Polisi

Baca Juga: Kopi Ekselsa Sumedang Curi Perhatian Internasional

Lebih lanjut, program ini untuk meningkatkan produksi dan produktifitas komoditas hortikultura dengan membangun green agriculture.

“Kegiatan HDDAP dilaksanakan di 13 kabupaten pada tujuh provinsi, dengan dana sekitar Rp 1,7 triliun yang merupakan pinjaman dari ADB (68%) dan IFAD (32%).

Diharapkan, pemerintah daerah melalui dana APBD dapat mendukung kegiatan HDDAP bersama-sama Kementan dan Daerah untuk membangun hortikultura dari hulu hingga hilir,” papar Jekvy, Jumat 17 Mei 2024.

Aspek ini, lanjut Jekvy, meliputi aspek budidaya, kelembagaan, dan pemasaran. Kegiatan ini melibatkan peran serta pemerintah daerah termasuk pembangunan jaringan telekomunikasi, akses jalan menuju lokasi

Halaman:

Editor: M Haidar

Sumber: Kementan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah