Presiden Minta LPDP dilibatkan untuk Pengembangan Desain Chip Pada Ekosistem Mikroelektronik

- 18 Mei 2024, 11:20 WIB
Ilustrasi - Microchip Semikonduktor
Ilustrasi - Microchip Semikonduktor /Karawangpost/Foto/Pixabay-Monoar_CGI_Artist

 

KARAWANGPOST - Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dilibatkan sekaligus memfasilitasi beasiswa untuk pengembangan desain chip bagi kebutuhan ekosistem industri semikonduktor di Tanah Air.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto usai menghadiri rapat internal di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

"Chip design itu membutuhkan ahli di bidang mikroelektronik. Oleh karena itu tadi Presiden minta LPDP untuk didorong memberikan beasiswa melakukan training for trainer," ungkap Menko Airlangga, Kamis 16 Mei 2024.

Baca Juga: Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Bantu Maksimalkan Transformasi Digital di Indonesia

Baca Juga: RPP Child Online Protection untuk Melindungi Lindungi Anak Indonesi dari Konten Pornografi

Menko Airlangga menyatakan, chip design menjadi komponen utama yang dibutuhkan dalam menciptakan semikonduktor di industri digital global.

Bahkan, menurut dia, hal itu menjadi salah satu topik aktual yang kini diangkat dalam diskusi Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organization for Economic Cooperation and Development/OECD), selain topik penting lainnya seputar critical minerals.

"Tadi kami laporkan kepada Presiden terkait semikonduktor. Ini penting karena dalam OECD salah satunya juga akan mengirim fact finding mission mengenai ekosistem semikonduktor di Indonesia di pertengahan tahun ini," ungkap Menko Airlangga.

Menko Airlangga mengatakan salah satu negara anggota OECD yaitu Jerman, berinvestasi senilai 13 miliar dolar AS untuk ekosistem semikonduktor di negaranya.

Halaman:

Editor: M Haidar

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah