Kerap Lakukan Pelanggaran, Wapres Minta Pengawasan Kepada Wisatawan Asing

- 18 Maret 2023, 11:53 WIB
Wakil Presiden  Ma’ruf Amin
Wakil Presiden  Ma’ruf Amin /BPMI Setwapres



KARAWANGPOST - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta untuk dilakukan pengawasan secara ketat terkait pelanggaran yang dilakukan para wisatawan asing di Indonesia.

Hal tersebut disampaikannya menanggapi terkait maraknya pelanggaran yang dilakukan oleh para wisatawan asing di Indonesia.

Pelanggaran yang dilakukan oleh wisatawan asing di Indonesia, salah satunya di Bali, belakangan ramai diberitakan di media.

 Baca Juga: Banyak Prestasi Diraih saat Zainudin Amali Pimpin Kemenpora

Pelanggaran yang dilakukan pun beragam, di antaranya pelanggaran lalu lintas, penggunaan izin tinggal yang sudah kedaluwarsa, hingga bekerja secara ilegal.

Oleh karena itu, diperlukan pengawasan yang ketat terhadap perilaku turis asing yang berkunjung ke Indonesia, agar kegiatan yang dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku di lokasi setempat.

“Tentu harus ada semacam pengawasan juga di sana [di daerah-daerah yang didatangi wisatawan asing],” Wapres Ma’ruf Amin, Jumat 17 Maret 2023.

Baca Juga: Masih Banyak Penyelenggara Negara Belum Setor LHKPN

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, selain pengawasan, diperlukan juga pembinaan terhadap para turis agar mereka mengetahui dengan jelas dan menaati seluruh peraturan yang berlaku di negara setempat, sesuai dengan ketentuan yang tertera ketika wisatawan tersebut mendapatkan visa.

“Pembinaan terhadap para wisatawan itu, sebelum dia masuk [ke Indonesia] itu harus sudah diberitahu dulu bahwa dia itu tidak boleh melakukan hal-hal yang dilarang,” kata Wapres mengingatkan.

Sebab, Wapres menilai, perilaku melanggar aturan ini akan memberikan dampak yang kurang baik bagi Indonesia, khususnya dalam konteks penegakan hukum.

Baca Juga: Lima Tersangka Teroris Diringkus Densus 88 Antiteror Polri

“Itu merugikan, tapi tentu tidak boleh seenaknya. Saya kira itu perlu ada penegasan. Gubernur sudah bikin laporan dan akan ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Namun, Wapres tetap mengingatkan bahwa kedua upaya tersebut hendaknya dapat dilakukan dengan cara-cara yang baik, agar tidak menimbulkan keraguan atau ketidapercayaan para wisatawan terhadap Indonesia.

Dengan demikian, antusiasme para wisatawan untuk mengunjungi Indonesia dapat tetap terjaga. “Ada semacam komitmen untuk masuk ke Indonesia itu dengan cara yang baik tentunya,” imbau Wapres.

Wapres menekankan, jangan sampai orang menjadi takut. Kalau dampaknya orang takut masuk ke Indonesia, akhirnya orang tidak datang lagi, tidak ada wisatawan.***

Editor: M Haidar

Sumber: Setwapres


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah