Mengenali Gejala Awal Kanker Payudara: Tanda-tanda yang Perlu Diketahui

- 17 April 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi - Perempuan
Ilustrasi - Perempuan /KarawangPost/Foto/Pixabay - Saranya7

KARAWANGPOST - Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita di seluruh dunia. Pengenalan gejala awal kanker payudara sangat penting untuk deteksi dini dan pengobatan yang lebih efektif. Dalam artikel ini, kita akan membahas tanda-tanda dan gejala yang perlu diperhatikan untuk mengenali kanker payudara pada tahap awal.

Pembengkakan atau Benjolan pada Payudara

Salah satu gejala utama kanker payudara adalah adanya pembengkakan atau benjolan yang teraba pada payudara. Benjolan ini bisa terasa keras atau tidak nyaman, meskipun tidak semua benjolan pada payudara merupakan tanda kanker. Pemeriksaan oleh dokter sangat penting untuk menentukan sifat benjolan tersebut.

Perubahan Bentuk atau Ukuran Payudara

Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan bentuk atau ukuran payudara. Payudara yang terlihat lebih besar atau asimetris dari biasanya, atau bentuk payudara yang berubah secara signifikan, bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang perlu diinvestigasi lebih lanjut.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Orek Kering Tempe Pedas Manis yang Lezat

Perubahan pada Kulit Payudara

Gejala lain yang perlu diwaspadai adalah perubahan pada kulit payudara. Hal ini dapat termasuk kulit yang terlihat lebih kemerahan, mengkerut, atau terasa hangat saat disentuh. Perubahan pada tekstur kulit payudara juga bisa menjadi tanda potensial kanker payudara.

Pembengkakan atau Benjolan di Area Ketiak

Halaman:

Editor: Hani Tania

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah