19.600 Dosis Vaksin Sinovac akan Diterima Pemkab Karawang

- 26 Januari 2021, 20:16 WIB
Fitra Hergiyana Juru Bicara Satgas Covid-19 Karawang
Fitra Hergiyana Juru Bicara Satgas Covid-19 Karawang /Karawangpost/Haidar/

KARAWANGPOST - Pemkab Karawang akan menerima sebanyak 19.600 dosis vaksin Sinovac dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Rencannya vaksin tersebut akan diterima oleh Pemkab Karawang esok Rabu 27 Januari 2021, seluruh fasilitas telah dipersiapkan, termasuk gudang dan tempat penyimpanan vaksin.

Rencananya pada Jumat, 29 Januari 2021 vaksinasi perdana di Karawang, untuk orang pertama yang divaksin belum tahu siapa, tapi yang jelas mayoritas nanti dari tenaga kesehatan. Jelas Juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karawang, dr. Fitra Hergyana, Selasa 26 Januari 2021.

Baca Juga: Polisi Selidiki Kebocoran Pipa Gas PT SMGP Sumut, Tewaskan 5 Orang Akibat Keracunan

Setelah tiba di Karawang, vaksin tersebut nanti akan dijaga oleh pihak aparat gabungan TNI/Polri dan Satpol PP dan vaksin akan di distribusikan ke 24 rumah sakit dan 50 puskesmas se-Karawang.

Berdasarkan petunjuk teknis resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sejumlah orang yang tidak diperbolehkan mendapat vaksin antara lain:

Orang yang sudah terkonfirmasi virus Covid-19, ibu hamil dan menyusui, sedang mengalami gejala ISPA, menjadi salah satu anggota keluarga yang kontak erat, memiliki riwayat alergi berat, sedang terapi jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah.

Baca Juga: Simak..! Ini Kalender Pariwisata 2021 di Kepri, Jangan Lewatkan Kegiatan di September

Selanjutnya memiliki riwayat penyakit jantung seperti gagal jantung atau jantung koroner. Memiliki penyakit autoimun sistemik, mengidap penyakit ginjal kronis, mengidap penyakit rematik autoimun, mengidap penyakit saluran pencernaan kronis, hipertiroid.

"Pengidap kanker, diabetes melitus, HIV dan tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg juga tidak diperbolehkan untuk divaksin," ujar Fitra.

Sementara, untuk kasus harian Covid-19 Karawang, data Satgas Covid-19 Karawang mencatat penambahan pasien Covid-19 sebanyak 135 orang.

Baca Juga: Program Daur Ulang Sampah Menjadi Pupuk Organik, Optimis Berdampak Ekonomi Pedesaan di Purwakarta

"Total 9.015 yang terkonfirmasi positif, dengan rincian 7.607 sembuh, sedang isolasi 1.100 dan meninggal 308 orang," tutup Fitra.***

Editor: M Haidar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x