Menlu Retno Tegaskan Tidak Adanya Hubungan Diplomatik Antara Indonesia-Israel

- 18 April 2024, 15:35 WIB
Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi menemui Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin
Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi menemui Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin /Karawangpost/Foto/BPMI-Setwapres

KARAWANGPOST - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi secara tegas menyampaikan tidak benar bahwa adanya pembukaan hubungan diplomatik antara Israel dengan Indonesia.

Hal tersebut disampaikannya saat menemui Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta,hari Rabu 17 April 2024.

Pernyataan tersebut merespon adanya pemberitaan bahwa Indonesia akan melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

Baca Juga: Fadli Zon: Perlunya Deeskalasi Konflik Iran-Israel untuk Mencegah Perang Lebih Meluas Lagi

Baca Juga: Pemerintah Berupaya Jaga Iklim Investasi Akibat Konflik Iran-Israel

Pada pertemuannya dengan Wapres Menlu Retno melaporkan mengenai konsistensi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

"Jadi, tidak benar sebagaimana yang diberitakan yang menyatakan bahwa sudah ada kemungkinan pembukaan hubungan diplomatik antara Israel dengan Indonesia. Jadi, Bu Menlu melaporkan kepada Bapak Wapres bahwa Indonesia tetap konsisten berada di jalur itu dan akan terus konsisten dalam pemerintahan ini," ujar Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi melalui keterangan resmi.

Wapres mendukung sepenuhnya langkah Indonesia tersebut, termasuk dalam upaya meredakan konflik Israel-Palestina melalui kesepakatan two state solution.

"Itu didukung sepenuhnya oleh Bapak Wapres untuk terus konsisten (menerapkan) two state solution adalah final, tidak akan berubah. Itu saya kira yang menjadi prinsip, yang menjadi perintah juga dari Wapres untuk terus diperjuangkan," terang Jubir Masduki.

Halaman:

Editor: M Haidar

Sumber: Setwapres


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah