Akar Utama Masalah Konflik di Timur Tengah adalah Penjajahan Israel terhadap Palestina

- 20 April 2024, 12:53 WIB
Genosida di Gaza terus terjadi. Kali ini serangan udara penjajah Israel menargetkan sebuah rumah di barat laut kamp pengungsi Nuseirat, Palestina.
Genosida di Gaza terus terjadi. Kali ini serangan udara penjajah Israel menargetkan sebuah rumah di barat laut kamp pengungsi Nuseirat, Palestina. /Foto/WAFA

KARAWANGPOST - Penjajahan Israel terhadap Palestina merupakan akar utama masalah konflik di Timur Tengah saat ini.

Pernyataan itu ditegaskan Anggota Komisi I DPR RI Sukamta dalam keterangan resminya yang dikutup, Sabtu 20 April 2024.

Ia menyebut penjajahan tersebut harus segera diselesaikan, karena berdampak terhadap beberapa konflik, misalnya perang Israel versus Iran.

Baca Juga: Diminta Antisipasi Dampak Konflik Iran-Israel, Ini Lima Langkah Saran untuk Pemerintah

Baca Juga: Israel Melancarkan Serangkaian Serangan ke Iran pada Dini Hari

Israel telah melakukan pelaparan terhadap penduduk Gaza, Palestina. Pelaparan tersebut berdampak pada malnutrisi ribuan penduduk yang mati pelan-pelan.

“Ini tindakan kejahatan kemanusiaan dan menjadi masuk kategori genosida. Sehingga dari sini saja Israel ini sudah layak untuk menjadi Negara Pariah (yang) tidak perlu mendapat pembelaan dari negara lain. Jadi kita berharap, akar masalahnya ini segera selesai," tegas Sukamta.

Diketahui, Negara Pariah merupakan negara yang dianggap tersingkir dalam komunitas internasional dan sangat layak untuk mendapatkan sanksi.

Negara pariah mengalami isolasi internasional, sanksi, atau bahkan invasi oleh negara-negara yang menganggap kebijakan, aksi, atau keberadaannya sendiri tak dapat diterima.

Halaman:

Editor: M Haidar

Sumber: DPR


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah