Harga Minyak Melonjak Pasca Serangan Balasan Israel ke Iran

- 20 April 2024, 13:51 WIB
Konflik Timur Tengah Serangan Rudal Iran ke Israel
Konflik Timur Tengah Serangan Rudal Iran ke Israel /Karawangpost/Foto/X-@Jumianto_RK

KARAWANGPOST - Harga minyak mentah global melonjak sebanyak 3,5% tak lama setelah Israel melakukan serangkaian serangan terhadap Iran pada hari Jumat, 19 April 2024 dini hari.

Kedua benchmark minyak tersebut melonjak lebih dari $3 per barel di awal perdagangan sebelum melemah. Pada 12:00 GMT (21:00 WIB), minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juni turun $0,50 menjadi $86,63 per barel.

Kontrak bulan Mei untuk West Texas Intermediate (WTI) AS turun $0,43, atau 0,52%, menjadi $82,30 per barel.

Baca Juga: Akar Utama Masalah Konflik di Timur Tengah adalah Penjajahan Israel terhadap Palestina

Baca Juga: Diminta Antisipasi Dampak Konflik Iran-Israel, Ini Lima Langkah Saran untuk Pemerintah

Israel melancarkan serangan ke wilayah Iran pada dini hari, kata seorang pejabat senior AS dalam sebuah wawancara dengan media.

Televisi pemerintah Iran juga telah mengkonfirmasi serangan tersebut, dan pertahanan udara telah diaktifkan. Penerbangan di beberapa wilayah, termasuk Teheran dan Isfahan, ditangguhkan.

Serangan itu, yang merupakan aksi saling balas terbaru antara kedua negara, terjadi hampir seminggu setelah Iran melepaskan serangan 300 drone udara dan rudal ke Israel.

Penembakan itu dilakukan sebagai tanggapan atas dugaan serangan Israel terhadap gedung konsulat Iran di Suriah yang menewaskan 12 orang, termasuk tiga perwira senior militer Iran.

Halaman:

Editor: M Haidar

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah