3,852 Juta Dosis Vaksin COVID-19 AstraZeneca Tiba di Indonesia

- 26 April 2021, 22:23 WIB
Vaksin AstraZeneca Tiba Di Indoneisa
Vaksin AstraZeneca Tiba Di Indoneisa /Karawangpost/Dok. Setpres

KARAWANGPOST - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memberikan keterangan kedatangan batch kedua vaksin jadi AstraZeneca sebanyak 3,852 juta dosis, Senin, 26 Arpril 2021 malam.

Menlu Retno Marsudi mengatakan Indonesia telah menerima batch kedua vaksin dari jalur multilateral dari COVAX Facility berupa vaksin jadi AstraZeneca sebesar 3.852.000 dosis di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Menlu menjelaskan bahwa sejak awal pandemi hingga saat ini, pemerintah Indonesia mengupayakan ketersediaan vaksin bagi kebutuhan dalam negeri sambil terus memperjuangkan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara.

Dengan alasan tersebut, Indonesia aktif dalam pembahasan isu vaksin dunia dan menjadi salah satu co-chair dalam COVAX AMC (Advance Market Commitment) Engagement Group.

Baca Juga: Jokowi: Tangkap Seluruh Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua

Menlu menyampaikan keprihatinan menyaksikan terjadinya gelombang baru di banyak negara dunia serta ditemukannya varian baru di beberapa negara.

“ Sejauh ini vaksin yang telah tiba di Indonesia berjumlah 67.465.600 dosis, bila digabungkan dengan jumlah vaksin dari jalur multilateral dan bilateral,” kata Menlu.

“Kita juga melihat kebutuhan dunia akan vaksin semakin meningkat dan terjadii perlambatan pengiriman vaksin di seluruh dunia," ujarnya.

Baca Juga: Alasan Mengapa Konsumsi Gula Berlebih bisa Berbahaya

Halaman:

Editor: Zein Khafh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x