Mengejutkan! Dokumen RS Wuhan Soal COVID-19 Bocor, Ungkap Fakta Sebenarnya

- 12 Januari 2021, 23:57 WIB
Ilustrasi Mutasi baru Virus Corona yang ditemukan di Jepang. / Gerd Altmann/Pixabay

KARAWANGPOST - Virus COVID-19 yang muncul di Kota Wuhan setidaknya tiga bulan sebelum pemerintah mengetahui adanya pandemi, hal itu diketahui setelah bocornya dokumen RS miliki Wuhan, China.

Catatan medis di Kota Wuhan mengungkapkan ada pasien yang memiliki bentuk pneumonia baru dan misterius yang sedang dirawat di delapan rumah sakit antara akhir September dan awal Desember 2019 lalu.

Dalam dokumen yang bocor tersebut dikatakan bahwa 40 pasien dirawat dengan penyakit yang sebelumnya tak terlihat ini, memiliki gejala yang mirip dengan COVID-19.

Baca Juga: Simak! Begini Syarat dan Cara Ibu Hamil dan Balita Dapat Bansos PKH Januari 2021

Dilansir dari laman berita Pikiran Rakyat berjudul "Dokumen RS Wuhan Bocor, Ungkap Fakta Mengejutkan Soal Virus Corona di China" dalam dokumen yang bocor tersebut dikatakan bahwa 40 pasien dirawat dengan penyakit yang sebelumnya tak terlihat ini, memiliki gejala yang mirip dengan COVID-19. Berdasarkan jumlah tersebut setidaknya ada 8 orang yang dinyatakan meninggal dunia dalam dokumen tersebut.

Jika hal tersebut seperti yang diyakini oleh para ahli, ini adalah kasus awal virus corona maka itu akan bertentangan dengan akun resmi pemerintah China tentang kapan penyakit itu dimulai.

Ceijing menyatakan bahwa 'sekelompok kasus pneumonia yang tidak diketahui penyebabnya' pertama kali muncul pada 31 Desember 2019 di Wuhan.

Baca Juga: 150 Nakes Subang Positif COVID-19 di Hari Kedua PPKM Jawa-Bali  

Pemerintah China secara resmi menyatakan penyakit itu sebagai wabah virus corona baru kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 9 Januari 2020 lalu. Namun, dalam dokumen RS yang bocor tersebut menunjukkan jika wabah itu dimulai paling cepat pada 25 September 2019 lalu.

Halaman:

Editor: Zein Khafh

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X